Pentingnya Aplikasi Android Device Manager untuk Melacak Ponsel Hilang

Posted on

Belakangan ini, hampir setiap orang memiliki ponsel pintar atau smartphone. Beragam pekerjaan bisa dilakukan lewat smartphone. Tak heran jika semua orang memiliki benda canggih ini. Kegunaannya yang praktis membuat banyak orang yang menyimpan beragam data pentingnya dalam smartphone.

Tapi bagaimana jika smartphone tersebut hilang? Pastinya akan membuat kepanikan dan sangat merepotkan. Saat ini sebagian besar ponsel pintar android telah dilengkapi dengan GPS yakni sistem pelacak lokasi yang terhubung oleh satelit google. Sehubungan dengan sistem tersebut, android juga menyediakan aplikasi android device manager yang berguna untuk mencari ponsel yang hilang.

 

Memahami Aplikasi Android Device Manager

Pentingnya Aplikasi Android Device Manager untuk Melacak Ponsel Hilang

 

Apa itu aplikasi android device manager? Aplikasi device manager adalah aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk mengetahui device yang hilang. Aplikasi ini akan mendeteksi dimana letak ponsel yang hilang dengan menggunakan ponsel lainnya. Aplikasi yang dibuat dari bulan Agustus tahun 2013 ini terhubung dengan GPS yang dapat menampilkan titik lokasi ponsel yang hilang. Cara menggunakan aplikasi android device manager ini sangat mudah. Anda tinggal mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengaktifkan aplikasi tersebut:

  1. Pergi ke menu “settings” pada ponsel anda
  2. Scroll hingga menemukan menu “permissions” lalu pilih “security”
  3. Scroll lagi dan pilih menu “device administrators”
  4. Centang pilihan “android device manager” lalu tekan “activate”

Cara pengaktifan tersebut merupakan cara umum yang ada pada kebanyakan ponsel android. Ponsel android anda mungkin memiliki tampilang yang sedikit berbeda. Umunya ponsel android telah mengaktifkan fitur device manager ini secara otomatis, tetapi untuk lebih pastinya anda bisa mengeceknya dengan cata yang sudah disebutkan tadi.

Baca Juga: 5 Aplikasi Pembobol Wifi Android Terbaik Sukses Bisa Masuk

 

cara melacak hp yang hilang atau dicuri dengan Android Device Manager
cara melacak hp yang hilang atau dicuri dengan Android Device Manager

 

 

Bagaimana Device Manager Bekerja?

Setiap smartphone android sebenarnya telah dipasang semacam alat sensor GPS yang dapat melacak keberadaannya. Anda pasti menyadari beberapa aplikasi dapat meminta ijin untuk melacak lokasi anda atau jika anda membuka aplikasi map anda bisa melihat lokasi anda saat itu. Seperti itulah sensor GPS ini bekerja. Setiap ponsel memiliki nomor seri unik yang berbeda dari ponsel lainnya.

Cara kerja aplikasi android device manager berhubungan dengan nomor seri tersebut. Dengan memasukan nomor seri atau identitas khusus dari ponsel anda, GPS bisa melacak keberadaan ponsel tersebut meski ponsel dalam keadaan tidak aktif. Selain menggunakan nomor seri, ada cara yang lebih mudah yakni menggunakan akun Google.

Lihat gambar diatas itu adalah contoh dimana saya mencoba melaca ponsel saya sendiri melalui laptop dan ternyata sangat detail bisa terlihat dengan jelas lokasi, map, wifi/ data yang digunakan hingga tipe hp saya sendiri. Pastikan Anda terkait dengan akun Google di Laptop dan Ponse Anda yang hilang atau dimaling orang kemudian kunjungi https://www.google.com/android/find

Jika anda membeli ponsel baru pastinya anda harus membuat akun google untuk mengakses semua fitur yang tersedia. Akun inilah yang selanjutnya akan menjadi identitas untuk ponsel anda agar bisa dilacak menggunakan device manager. Selain untuk melacak keberadaan ponsel, fungsi aplikasi android device manager yang lain adalah untuk memberi perintah otomatis kepada ponsel anda dari jarak jauh. Jadi, aplikasi device manager ini memiliki dua fitur utama, yakni sebagi berikut:

  1. Putar suara

Fitur ini dapat digunakan jika anda merasa lupa dimana anda menaruh ponsel anda. Fitur ini akan memberikan perintah pada ponsel anda untuk bordering. Anda bahkan bisa mengatur volume dering agar terdengar untuk memudahkan pencarian anda. Tetapi fitur ini tidak bisa berbuat banyak jika ponsel anda telah dicuri. Jika anda yakin ponsel anda telah dicuri, anda bisa menggunakan fitur yang kedua.

  1. Mengaktifkan kunci ponsel dan hapus data

Jika anda yakin bahwa ponsel anda telah dicuri, langkah awal yang perlu dilakukan adalah mengamankan data-data anda. Anda bisa melakukannya melalui fitur kedua ini. Anda bisa mengunci ponsel anda untuk memblokir akses si pencuri agar tak bisa melakukan apapun di ponsel anda. Lalu anda juga bisa menghapus data-data yang bersifat pribadi agar tidak disalahgunakan.

Selain kedua fitur utama tersebut, apliaksi device manager ini juga bisa memberikan informasi tentang ponsel tersebut seperti sisa baterai, dan kondisi ponsel apakah dalam keadaan mati atau menyala.

Baca Juga: 5 Antivirus Terbaik Untuk Android

 

Aplikasi Pendukung Device Manager

Jika anda merasa kurang aman dengan menggunakan aplikasi device manager yang standar, anda bisa menambahkan aplikasi selain android device manager sebagai pelengkap untuk menunjang keamanan ponsel anda. Beberapa aplikasi pendukung tersebut contohnya adalah:

  1. Lookout security

Aplikasi ini mengandung berbagai fitur keamanan untuk ponsel anda. Fitur keamanan yang tersedia seperti mengunci lokasi secara otomatis saat baterai akan habis, jadi anda tetap bisa mengetahui lokasi terakhir ponsel anda aktif sebelum ia kehabisan baterai. Ada juga fitur alarm jarak jauh yang bisa diaktifkan untuk menarik perhatian jika anda merasa ponsel anda dicuri orang. Selain itu, apliaksi ini menyediakan fitur antivirus yang dapat melindungi ponsel anda dari serangan virus hingga malware.

  1. Prey

Prey adalah aplikasi untuk memantau lokasi dari sebuah device. Aplikasi ini bisa digunakan untuk segala device tidak hanya ponsel. Device lain seperti laptop atau tablet bisa dilacak dengan menggunakan aplikasi ini. Secara keseluruhan cara kerja apliaksi ini sama dengan android device manager. Hanya saja aplikasi ini dapat melacak hingga 3 device secara bersamaan. Untuk menambah jumlah device yang akan dilacak, anda bisa membeli full version dari aplikasi ini.

Keamanan untuk ponsel pintar anda adalah hal penting yang perlu diperhatikan. Pasalnya banyak kasus pencurian data-data pribadi dari ponsel seseorang yang disalahgunakan untuk tindakan criminal. Untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan tersebut diperlukan aplikasi android device manager untuk mengamankan dan melacak keberadaan ponsel anda. Ingat, keamanan ponsel anda adalah hal yang utama.

 

Kesimpulan Dari Android Device Manager

Kesimpulan dari Device Manager adalah bahwa aplikasi ini sangat penting untuk ponsel Anda terutama bagi Anda yang sering lupa hp atau bahkan Anda ingin melacak hp yang dicuri orang atau dimaling orang. Device Manager ini sangat ampuh untuk melacak posisi ponsel Anda yang hilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *